28 March 2009

e-Learning with Moodle!




Aplikasi berbasis web dengan memanfaatkan sotware database server MySQL dan PHP semakin banyak dikembangkan. Selain relatif lebih mudah dibangun, aplikasi berbasis web bersifat fleksibel dan multi-platform, bisa diinstalasi di segala macam platform sistem operasi maupun arsitektur komputer.

Berbagai macam aplikasi untuk berbagai macam keperluan dapat di kembangkan sebagai aplikasi berbasis web. Yang paling populer kita kenal ada Joomla! Manbo! dan sebagainya. Kali ini saya ingin bercerita mengenai aplikasi web-based untuk pendidikan bernama Moodle. Moodle adalah aplikasi web-based yang dibuat untuk kegiatan pendidikan online (e-Learning). Metode pendidikan berbasis web sudah menjadi tren dan juga kebutuhan di era yang serba sibuk ini. Dengan pendidikan online, tidak perlu lagi ada keterbatasan geografis dalam sebuah proses pendidikan. Implikasi yang paling dekat di lingkungan kita ada pada proses pendidikan universitas terbuka, dimana kita memperoleh materi secara online, dan baru saat ujian akhir dilakukan secara “offline”.


Baiklah, saya mulai saja cerita tentang Moodle.

Pertama, instal paket LAMP dari repositori distribusi kita, yang terdiri dari | apache2 php5-mysql libapache2-mod-php5 mysql-server | Setelah terinstal, lakukan restart service MySQL dan Apache.

$ sudo /etc/init.d/mysql restart

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Kedua, kita harus mendownload dulu paket Moodle | di internet |

Ketiga, ektraks paket Moodle dan pindahkan ke direktori /var/www

$ sudo mv moodle /var/www

Keempat, ubah permission direktori Moodle menjadi r+w dengan :

$ sudo chmod 777 /var/www/moodle

Kelima, jalankan proses intalasi Moodle dari browser. Masuk ke alamat :

localhost/moodle (jika menggunakan browser Firefox, jangan lupa memastikan opsi “File>Work Offline” telah di uncheck).

Ikuti tiap langkah instalasi. Proses yang perlu diperhatikan adalah pada bagian penentuan direktori database Moodle di /var/moodledata. Kita harus membuat sendiri dulu direktori tersebut dan kemudian mengubah permission-nya menjadi r+w :

$ sudo mkdir /var/moodledata

$ sudo chmod 777 /var/moodledata

Setelah proses instalasi berhasil, kita akan langsung dibawa kepada pengisian jadwal kegiatan pendidikan/kursus/pelatihan. Setelah itu masuk juga ke bagian user management.


Secara keseluruhan, Moodle sudah sangat memenuhi kebutuhan e-Learning. Untuk sebuah software free, Moodle adalah aplikasi e-Learning yang luar biasa.


Selamat ber-Linux! Majulah Linux! Majulah pendidikan Indonesia! Majulah Indonesia!


| Kembali Ke Complicated Heart |



No comments: