02 July 2008

Linux Tanpa Internet? Siapa Takut?




Masalah utama bagi para pengguna pemula Ubuntu adalah : tidak bisa memutar VCD/DVD dan juga koleksi MP3. Ada Rhythmbox untuk manajemen musik, dan juga Totem sebagai default video player. Tapi tetap saja kedua aplikasi tersebut hanya mau memutar format-format open source yang sangat asing dan jarang digunakan.


Solusinya adalah : instal w32codecs sebagai codec multimedia komplit, dan install Mplayer sebagai default video player baru. Kemudian install XMMS sebagai music player yang baru.
Banyak forum-forum ubuntu di internet membahas hal tersebut, namun (setahu saya) semuanya menggunakan solusi online. Artinya, untuk menambah paket-paket tersebut, komputer ubuntu kita harus terhubung ke internet. NAH, DI SINI LAH MASALAH TERBESAR PERKEMBANGAN LINUX DI INDONESIA!


Sebagian besar pengguna komputer di negeri kita, belum terhubung ke internet. Masalahnya simpel, langganan internet (dalam paket apapun) masih tergolong kebutuhan yang mahal, dan masih sangat sedikit yang sudah mempunyai koneksi internet.


Padahal, solusi di forum-forum ubuntu di internet semuanya merujuk pada solusi online, bagaimana ini? JANGAN TAKUT! SEMUA ADA SOLUSINYA!
Baiklah, mari kita cari solusi itu!


Pertama, cari dan download paket w32codecs di internet.dari hasil searching saya, saya menemukan alamat server yang menyediakan w32codecs adalah sebagai berikut :
http://packages.medibuntu.org/pool/non-free/w/w32codecs/
Setelah masuk link di atas, ada daftar paket w32codecs dalam berbagai versi dan rilis. Downlodlah rilis yang terbaru (ada nama dengan rilis sesuai tanggal).


Kemudian, download Mplayer dan XMMS di repositori resmi ubuntu, yang beralamat di packages.ubuntu.com. Setelah masuk, carilah paket Mplayer dan XMMS di form search, setelah itu muncul daftar banyak paket yang dibutuhkan, komplit dengan semua dependency-nya. Sangat rumit, tapi tidak perlu bingung! Cari saja paket utama installer-nya, downloadlah paket itu.


Setelah terdownload, taruh semua pkaet download tadi di home, lalu install semua paket di atas, dengan perintah sudo dpkg -i *.deb


W32codecs akan lancar diinstall, tapi Mplayer dan XMMS pasti akan error, karena begitu banyak dependensi yang belum ada. Nah, disini kita harus telaten sedikit. Ambil selembar kertas, catat semua paket dependensi yang belum ada tersebut, lalu kita kembali ke warnet, dan download-lah semuanya satu per satu secara manual dari repositori resmi ubuntu.
Setelah semua terdownload, taruh di home, dan install ulang dengan sudo dpkg -i *.deb


Nah, sekarang ubuntu kita sudah siap memutar bermacam-macam file multimedia.
Untuk jaga-jaga, dan agar sewaktu-waktu diperlukan lagi, kumpulkan paket multimedia yang sudah kita download tadi ke dalam satu direktori, kemudian burn-lah ke CD, sehingga kapan2 kita butuh, tinggal di install.


Jadi, Linux tanpa koneksi internet, SIAPA TAKUT?