28 June 2012

Download, Install Qflash Flash Maker Untuk Ubuntu Beserta Tutorial


Aplikasi Flash maker di Linux yang ada saat ini, belumlah cukup sepadan dari segi fitur dengan aplikasi Flash Maker di lingkungan desktop Windows seperti Flash MX. Namun, untuk kebutuhan dasar membuat animasi flash, aplikasi Flash Maker yang ada di Linux sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan, aplikasi Flash Maker di Linux memiliki satu keunggulan sendiri yaitu sangat ringan dan hemat memori.

Salahsatu aplikasi Flash Maker di Linux yang cukup sederhana dan mudah digunakan adalah Qflash. Walau proyek Qflash telah tidak lagi dilanjutkan, akan tetapi aplikasi tersebut masih bisa digunakan di desktop Linux saat ini dan tetap fungsional. Oleh karenanya, saya memaket paket Qflash ke dalam paket installer debian agar mudah diinstalasi oleh para pengguna Debian/Ubuntu Linux. Ohiya, agar jangan sampai lupa, paket Qflash memiliki ketergantungan terhadap paket libqt3-mt dan libstdc++5, jadi sebelum mendownload dan menginstalasi paket Qflash, pastikan kedua paket tersebut telah terinstalasi di sistem Ubuntu / Debian anda. Jika anda memakai Gdebi, dependensi akan otomatis di instalkan dalam proses instalasi, namun bila tidak maka anda harus menginstalasi kedua paket tersebut terlebih dahulu :

sudo apt-get install libqt3-mt libstdc++5

Atas request seorang sahabat, maka saya juga membuatk satu tutorial sederhana membuat animasi flash di Linux dengan memanfaatkan Qflash dalam bentuk pdf. Berikut ini paket Qflash dalam format debian beserta tutorial sederhananya yang bisa anda download. Semoga bermanfaat. Maju terur Linux :)

Installer Qflash dalam format Debian

Tutorial Sederhana Qflash Dalam PDF

No comments: