22 May 2011

Setting Koneksi Dial Up Menggunakan Handphone Dengan Koneksi Bluetooth di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal






Ubuntu 11.04 Natty Narwhal hadir dengan membawa cukup banyak peningkatan fitur, tampilan yang lebih elegan dan fresh, serta software-software baru yang bagus. Untuk software, Ubuntu Natty menghadirkan LibreOffice 3.3 (sebuah fork baru dari OpenOffice.org yang nampaknya akan jadi standar office di beberapa distribusi mayor), Mozilla Firefox 4.01 (versi yang sangat ditunggu-tunggu) dan integrasi Banshee dalam volume control Gnome, sekaligus menggantikan Rhythmbox sebagai default music player (saya sangat suka dengan fitur baru ini, sangat elegan).


Namun, dari semua itu, peningkatan fitur baru yang sangat saya sukai adalah : Ubuntu Natty sudah bisa membuat koneksi dial up menggunakan handphone dengan memakai koneksi bluetooth ! Ini sangat-sangat bagus dikarenakan saat ini harga handphone sudah semakin murah (handphone 3g sudah dibawah satu juta). Baiklah, mari kita bahas fitur baru yang maknyus ini.


Pertama, buatlah pairing antara komputer dengan handphone. Caranya, colokkan bluetooth dongle kita, lalu klik pada icon bluetooh di bagian atas dan pilih Add New Device. Ikuti saja wizard-nya, dan pada satu bagian, centanglah opsi bisa melakukan koneksi dial up memakai koneksi bluetooth – handphone. Lalu akan muncul wizard yang sangat mudah untuk diikuti. Pertama, pilih negara, dan lalu pilih operator. Ubuntu sudah mempunyai list semua operator GSM di Indonesia, mulai dari 3, Indosat hingga AXIS. Pilih saja operator yang kita gunakan (saya memakai operator 3).


setelah wizard selesai, pada applet Network Manager, pilihlah nama handphone kita, dan tunggu. Nanti akan dikenali pilihan nama operator, misal: 3 GPRS. Pilihlah nama operator kita yang muncul dalam Network Manager, dan jadilah Connection Established! Sangat simpel dan asyik betul :)


Berikut ini adalah catatan teknis periperial yang saya pakai:


Handphone : Nokia 2330-c (koneksi internet GPRS/EDGE)

Operator : 3 (Three)

Bluetooth : K-one Bluetooth USB dongle

Komputer : Intel Pentium IV 2,4 GHz, Memori 512 MB

No comments: