01 December 2009

Menjalankan Alkitab 2.70 di Ubuntu Linux dengan Wine



Bagi umat muslim, membaca Al Qur`an ataupun melakukan searching ayat-ayat Al Qur`an sudah bisa dilakukan dengan mudah di Linux. Kita mengenal aplikasi Zekr, yang bahkan sudah ada dalam repositori Ubuntu. Sebuah aplikasi open source Al Qur`an digital untuk linux yang sangat powerful dan komprehensif, walau cukup berat. Yang paling penting tentu saja sudah ada built-in bahasa Indonesia untuk aplikasi Zekr, sehingga sangat mudah digunakan oleh umat muslim Indonesia.


Bagaimana dengan Umat Kristiani? Adakah aplikasi Alkitab digital untuk Linux? Ada. Setahu saya ada aplikasi bernama BibleTime, namun nampaknya belum ada built-in versi bahasa Indonesia-nya. Akhirnya, saya mendapat sebuah aplikasi Alkitab digital Bahasa Indonesia yang sejatinya merupakan aplikasi Windows, namun ternyata bisa dijalankan di Linux dengan menggunakan Wine.


Pertama, kita download aplikasi tersebut dari internet. Pengelola situs tersebut membagi paket installer Alkitab digital dalam 9 patch yang terpisah. Nampak tidak praktis, namun mungkin tujuannya agar tidak berat jika di download dengan koneksi yang lambat. Setelah semua patch di download, kita ekstraks semuanya dalam satu folder. Kita bisa menggunakan program unzip, unp, atau pun dengan GUI.


$ unzip *.zip

$ unp *.zip


Setelah itu, eksekusi file SETUP.EXE.


$ wine SETUP.EXE


Akan ada peringatan error, abaikan saja dan lanjutkan proses instalasi dengan menekan tombol instal (gambar komputer). Proses instalasi sangat singkat, dan kita bisa mengakses shortcut program Alkitab dari menu Wine>Programs>Alkitab 2.70


Secara keseluruhan bisa berjalan lancar dengan wine, hanya saja window tidak bisa di fullscreen. Kemudian, teks tidak bisa di copy-paste di OpenOffice.org. Walaupun begitu, fitur pencarian ayat dan kata-nya berjalan sempurna. Selain itu, ada pilihan versi Alkitab yang digunakan, yaitu Versi Terjemahan Resmi, Versi Bahasa Sehari-hari dan Versi King James.


No comments: