12 June 2009

Berbagi Binari Executable Dalam Satu Komputer



Alkisah baru-baru ini saya menginstalasi Mandriva Linux 2008 untuk 'menemani' Ubuntu 8.04 yang 'kesepian' karena sendiri di komputer saya. Seperti yang sudah-sudah, Mandriva memang distro yang sangat 'desktop oriented'. Tampilan boot splash dan desktop yang serba biru laut dan kelihatan sangat elegan.


Permasalahan utamanya adalah, saya tidak mempunyai kumpulan paket repositori yang lengkap. Padahal, saya sangat menyukai aplikasi-aplikasi tertentu yang ternyata tidak saya temukan dalam DVD instalasi standar Mandriva Linux 2008.


Di tengah kebingungan itu saya iseng me-mount partisi Ubuntu dan membuka direktori binari. Saya iseng juga mengeksekusi kumpulan binari milik ubuntu tersebut dan ternyata bisa di eksekusi! Wah!


Tanpa pikir panjang, saya langsung memasukan partisi ubuntu ke fstab, kemudian saya membuat symbolic link binari aplikasi yang ada di ubuntu ke direktori binari Mandriva Linux saya. Saya memakai sampel sebuah aplikasi graphic-editing kecil dan powerful bernama kolourpaint. Sebagai contoh, saya meletakan direktori mount partisi ubuntu di /media/ubuntu


$ su

# ln -s /media/ubuntu/usr/bin/kolourpaint /usr/bin/kolourpaint


Untuk mengintegrasikan symbolic link kolourpaint ke menu Mandriva, kita tinggal mengcopy file konfigurasi launcher kolourpaint dari partisi ubuntu yang terletak di /media/ubuntu/usr/share/applications/kde/kolourpaint.desktop.


$ su

# cp /media/ubuntu/usr/share/applications/kde/kolourpaint.desktop /usr/share/applications


Sekarang kita masuk ke GNOME/KDE menu, dan aplikasi 'baru' kita sudah terintegrasi di menu. Sangat mudah dan simpel!


Kesimpulan yang bisa di ambil adalah, jika kita memiliki lebih dari satu desktop Linux dalam satu komputer, kita bisa saling berbagi binari aplikasi dan tentu akan lebih mudah karena kita sering menemui kesulitan menemukan paket software yang spesifik untuk suatu distribusi Linux yang kita gunakan!


Selamat ber-Linux ! ^_^


No comments: