04 May 2009

Usplash : Yang Menawan Yang Mudah Dioprek


Dalam desain sebuah sistem operasi, tampilan atau preferences menempati urutan yang cukup penting. Desktop yang menarik dan indah akan menambah nyaman dan menyenangkan dalam menggunakan komputer. Di distribusi Ubuntu, ada satu aplikasi yang berhubungan dengan tampilan pada saat proses booting sistem operasi yang bernama usplash. Yang paling menyenangkan, kita bisa mengganti tema atau tampilan usplash dengan sangat mudah.


Pertama, kita harus mendownload dan menginstalasi tema usplash tambahan. Di repositori, ada beberapa tema tambahan untuk usplash, antara lain usplash-theme-debian, usplash-theme-kubuntu, usplash-theme-xubuntu, usplash-theme-ubuntume, usplash-theme-edubuntu, usplash-theme-ubuntustudio dan usplash-theme-mythbuntu.


Kita tinggal menginstalasinya dengan apt.


$ sudo apt-get install usplash-theme-debian dan lainnya


Jika masih kurang, kunjungi Ubuntu-Artwork dan download tema usplash. File usplash biasanya berbentuk tar.gz dan jika di ekstraksi akan berbentuk *.so. Kita tinggal mengekstraksi tema usplash dalam bentuk tar.gz, dan memindahkan file *.so ke direktori /usr/lib/usplash


Misal :

$ sudo cp usplash-theme-greenman.so /usr/lib/usplash


Untuk mengganti tema usplash, kita tinggal menggunakan opsi update usplash via terminal :


Misal :

$ sudo update-usplash-theme ubuntume


Untuk mengetahui list tema usplash, tinggal menjalankan :


$ sudo update-usplash-theme


Akan keluar list tema usplash yang ada di sistem kita, dan jalankan :


$ sudo update-usplash-theme “nama_tema”


Sebenarnya ada front-end grafis untuk mengutak-atik tema usplash, yaitu Usplash-Switcher dan Startup-Manager. Tetapi saat saya mencoba menjalakan keduanya, terkesan tidak praktis dan bahkan error pada aplikasi usplash-switcher. Sedang startup-manager, terasa berat dan tidak praktis.


Selamat mencoba! ^_^


Baca juga > | Solusi Error VCD Pada Mplayer GUI |


1 comment:

Toha said...

Nuwun pakdhe..
Blogmu penuh ilmu pak...Terima kasih banyak..
Aku coba ganti USplash ubuntu jaunty kok gagal ya.