04 May 2009

Musik Yang Elegan dan Menyenangkan Dengan Amarok



Bekerja di depan komputer di iringi musik adalah sebuah keniscayaan, dan sangat membantu perhatian kita agar relaks tetapi fokus. Terutama sekali untuk saya yang memang tak bisa terlepas dari musik. Musik adalah kehidupan. Dan dengan musik semua jadi lebih hidup.


Di platform Windows, pilihan aplikasi untuk memutar koleksi mp3 cukup banyak. Dan salah satu aplikasi di windows yang sudah melegenda adalah Winamp. Bagaimana dengan Linux? Di sebagian besar distribusi besar Linux dunia seperti Ubuntu dan Fedora, pemutar mp3 tidak di sertakan secara default. Hal tersebut karena berhubungan dengan isu hak paten dari format mp3 yang menjadi agak rumit dengan konteks sistem terbuka linux.


Lalu? Ada banyak sekali pilihan. Salah satu yang sudah sangat melegenda adalah XMMS, “versi Linux” dari Winamp. Dan di antara sekian banyak pilihan, saya benar-benar jatuh hati pada satu aplikasi pemutar musik sekaligus pengorganisir koleksi musik yang bernama Amarok. Dengan segala kelengkapannya, Amarok sangat menawan bagi saya. Tampilannya yang elegan. Sekilas mirip dengan iTunes-nya Macintosh, tetapi lebih sederhana. Salah satu fitur yang saya sukai adalah Cover Manager. Kita dapat mengorganisir koleksi mp3 kita lengkap dengan cover album, dan dengan cara yang mudah. Selain itu, kita bisa mengedit tag mp3 dengan cara yang sangat simpel yaitu mengklik pada bagian judul lagu, album, genre atau tahun pada window playlist lagu yang sedang kita jalankan.


Untuk menjalnkan koleksi lagu, tersedia dua pilihan, yaitu dari “Files” dan “Collections”. Kalau koleksi file musik kita tercerai berai, lebih mudah menggunakan pilihan “Files” yang ada di sidebar jendela Amarok. Untuk opasi “Collection”, kita harus mengarahkan arah direktori koleksi musik kita di menu setting Amarok yang ada di “Settings>Configure Amarok”. Pada jendela konfigurasi, pilih tab “Collections” dan arahkan ke direktori tenpat kita mengumpulkan file musik kita. Setelah “Aplly”, kita harus mengaktifkan opsi rescan collections di menu “Tools>Rescan Collections”. Sangat simpel, tetapi elegan. Itulah Amarok!


Untuk instalasi, kita tidak perlu mengalami kesulitan. Amarok adalah aplikasi yang sudah sangat popular, kita bisa menginstalasinya dari repositori distribusi kita dengan mudah.


$ sudo apt-get install amarok-xine


Selamat ber-Amarok ! ^_^


Baca Juga > | Solusi Error VCD Pada Mplayer GUI |

No comments: