24 March 2009

Tetap Qur`ani Di Depan Komputer



MySQL adalah aplikasi database server yang sudah sangat masyhur, tidak hanya di dunia open source, tetapi juga di dunia web development dan web programming. Selain tentu saja berfungsi bagi para web developer profesional, MySQL juga sangat berguna bagi penguna komputer rumahan seperti kita. Kegunaan yang paling utama adalah untuk menginstalasi dan kemudian menjalankan aplikasi-aplikasi web-based seperti Joomla!, WordPress, Moodle, Quranweb dan lain sebagainya. Selain itu, bersama dengan PHP, kita pun dapat mengembangkan aplikasi web-based dengan mudah.


Kali ini saya ingin bercerita mengenai aplikasi web-based Quranweb. Quranweb adalah aplikasi Al Qur`an digital yang dibuat oleh Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, yang dibuat dengan memanfaatkan MySQL dan PHP. Aplikasi ini sangat berguna sekali bagi kita yang merindukan suasana religius, dan juga sangat berguna bagi kita yang sering membutuhkan translasi Al Quran untuk berbagai keperluan. Kita bisa meng-copy paste translasi Al Quran beserta arabic-nya ke OpenOffice.org. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan engine Mplayer sehingga dapat memutar ayat-ayat suci Al Quran dalam mp3.


Bagaimana dengan instalasinya? Cukup mudah! Pertama, tentu saja download paket Quranweb. Kedua, pastikan MySQL, dan PHP telah terinstalasi di komputer kita. Kalau belum, tentu harus menginstalasi MySQL dan PHP terlebih dahulu, dan jangan lupa dengan pasword root MySQL kita. Setelah mendownload paket Quranweb, kita tinggal mengekstraknya, dan memindah folder ektraksi Quranweb ke direktori /var/www, melalui terminal tentu saja :

# cp -rf quranweb /var/www (hanya meng-copy)

atau

# mv quranweb /var/www (memindahkan)

Setelah itu, jangan lupa ubah permission direktori quranweb kita :

# cd /var/www

# chmod 777 quranweb

Jalankan MySQL

# mysql

Buka terminal baru, dan masuk ke direktori /var/www/quranweb/database

# cd /var/www/quranweb/database

Lakukan instalasi quranweb dengan menjalankan shell script instalasi :

# ./install.sh

Kita akan diminta memasukan password root MySQL kita, dan tinggal dimasukan.

Jika instalasi lancar, akan ada pemberutahuan “instalasi sukses”.

Terakhir buka Firefox, Opera atau web browser yang lain. Untuk Firefox, jangan lupa uncheck sesi “Work Offline” di menu File>Work Offline. Jalankan Quranweb dengan memasukan alamat :

localhost/quranweb

Terakhir kita tinggal menikmati Quranweb. Ada menu pencarian ayat dengan keyword kata-kata seperti “sapi”, “wanita”, “surga” dan lain sebagainya. Bisa juga dengan keyword ayat ke berapa surah apa. Jika kita ingin mendengarkan lantunan ayatnya, kita tinggal menekan tombol play di sebalah bawah ayat.


Semoga saja desktop Linux kita bisa memberi manfaat yang lebih banyak untuk kita. Selamat bereksplorasi dengan desktop Linux ! ( 8-D


1 comment:

faruq_afif said...

quran web bisa di download dmana om?