08 October 2008

Mencicipi OpenSuse 11






Ternyata, rilis distro begitu cepat terjadi. Perasaan baru kemarin distro openSuse 10.3 di rilis, ternyata sekarang sudah hadir OpenSuse 11.
Seperti biasanya, distro ini hadir dengan tampilan yang sangat elegan dan eyecandy. Di bundel dengan KDE 4, dan dengan dominasi warna hijau mengkilap, distro ini semakin memantapkan posisinya sebagai distro berorientasi desktop yang sangat bagus...
Tampilan KDE 4, dengan file manager default Dolphin, menjadi sebuah sistem desktop yang indah dan canggih. Ada semacam tombol navigasi di pojok atas desktop untuk menambah berbagai widgets di desktop. KMenu tampil dengan elegan, dengan sistem geser. Sebenarnya KMenu model itu sudah ada sejak openSuse 10.2, hanya saja ternyata model KMenu itu di adaptasi oleh KDE sebagai model KMenu default untuk KDE 4. Yah, openSuse boleh berbangga hati, maju selangkah, walau hanya untuk sebuah model KMenu.
Selanjutnya, OpenOffice.org yang dibundel adalah versi 2.4, versi ter-update dari office suite no.1 di lingkungan Linux dan Free Unix yang lain.
Aplikasi lain, masih standar aplikasi KDE, ada K3B sebagai CD/DVD Burner, ada Kaffeine sebagai Media Player, ada AmaroK sebagai Music Manager, dan banyak aplikasi yahud lainnya.
Secara umum, saya bisa memberi nilai 9,00 untuk distro yang sangat cantik dan sexy ini..

2 comments:

greenz579 said...

yg sexy si mas apa opensuse nih,
fotonya mengundang 2000 pertanyaan.

salam oSUSE ah

greenz579 said...

yg sexy si mas apa opensuse nih,
fotonya mengundang 2000 pertanyaan.

salam oSUSE ah

btw, ga gatel tuh tiduran di rumput ?
hehehehe