27 May 2008

Masalah Pada Ubuntu


Beberapa waktu yang lalu, saya diminta oleh rekan untuk menginstall Linux di PC rekan saya tersebut. Seperti kebanyakan pengguna pemula, rekan saya meminta solusi dual-boot. Tanpa ragu, saya gunakan Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon). Namun, entahh kenapa setelah proses instalasi selesai, ada pesan error yang saya kurang mengerti. Kurang lebih pesannya ada error block pada harddisk.
Beberapa waktu jauh sebelumnya, saya juga diminta rekan untuk install ubuntu di PC rerkan saya. Error pun terjadi, dan bahkan cukup parah. Ditengah-tengah booting LiveCD, PC tiba2 hung dan tak mau jalan. Nampaknya ada error pada driver VGA, hal itu terlihat karena hung terjadi pada saat proses loading driver. Memang VGA teman saya menggunakan ATI.
Dan masalah serupa juga saya temui ketika saya coba install ubuntu di PC rekan saya yang lain, kembali terjadi hung pada saat proses boot LiveCD. Lagi-lagi masalahnya terletak pada driver VGA.
Lain lagi ketika saya disuruh install ubuntu di notebook Acer AMD X2 rekan saya. LiveCD ubuntu bahkan sama sekali tidak mau boot. Dan masalah terjadi kembali ketika saya diminta install Linux di notebook Acer Intel Dual Core rekan saya, ubuntu tidak mau boot. Setelah saya lihat sekilas, nampaknya semua masalah berawal dari driver VGA. Karena susah, akhirnya di notebook rekan-rekan saya tersebut saya install Mandriva 2008, dan semuanya lancar tanpa hambatan sedikit pun. Saya berkesimpulan, karena ubuntu benar-benar menerapkan prinsip free dan open source pada paket-paket yang disertakan, menyebabkan ubuntu kurang kompatibel dengan hardware terbaru, karena ubuntu hanya menyertakan paket-paket (termasuk driver hardware) yang benar-benar free.
Ada yang mengalami masalah serupa?

No comments: