04 December 2007

REVIEW APLIKASI MENARIK : HELP EXPLORER

Setelah lancar membuka file windows help chm, saya mendapati ternyata file windows help tidak hanya terdapat dalam bentuk chm, tetapi ada yang berekstensi hlp. Dan, ternyata kchmviewer tidak mampu membaca file hlp. Saya bingung lagi, dan lagi-lagi saya Googling, dan alhamdulillah, saya mendapat referensi aplikasi bernama HelpExplorer, yang bisa didownload di kamasoftware.com


Setelah saya mendownload HelpExlorer versi linux, yaitu HelpExlorer_v2.1_LINUX.tar.gz, saya ekstak, lalu masuk ke folder setup. Kemudian menjalankan file shell script setup.sh, dengan perintah $ sudo ./setup.sh. Ada banyak opsi terutama halaman EULA yang cukup panjang. Yang perlu diperhatikan, folder instalasi HE akan ditaruh di folder local, kemudian kita ditanya akan membuat symbolic link binary di direktori root mana, untuk itu saya pilih /usr/bin Untuk menjalankannya, kita harus mengetik manual di terminal dengan perintah /usr/bin/help, atau tergantung dimana kita menaruh symbolic link binari HE tersebut.


Yang perlu dicatat adalah HelpExplorer ini walaupun free, tidaklah berlisensi GPL karena tidak dibuat oleh pengembang open source. Jadi, ya, seperti itu, hati-hati saja dalam menggunakannya.


Walau belum cukup interaktif, saya sangat terbantu dengan adanya HelpExplore untuk membuka file hlp. Dan terima kasih untuk pembuat HelpExlorer.

Salam Linux!

No comments: