Skip to main content

Aplikasi Favorit

Aplikasi favorit yang saya gunakan dalam bekerja sehari-hari dengan desktop Linux adalah :

  1. Distribusi Linux

Distribusi Linux favorit saya adalah Ubuntu dan variannya (BlankOn, LinuxMint, gOS dan PC/OS); Fedora dan kemudian Mandriva. Distribusi lain yang saya gunakan adalah OpenSuse, PuppyLinux, Slax, DSL dan Zenwalk. Distribusi mayor yang belum pernah saya coba hingga saat ini adalah Slackware.

  1. Desktop

Window manager favorit saya saat ini adalah Gnome, KDE 3.5 dan kemudian XFCE. Saya menggunakan ketiga window manager itu secara bergantian, untuk mengganti suasana agar tidak bosan. Saya tidak terlalu nyaman bekerja dengan KDE 4, walaupun memiliki tampilan yang sangat menawan. KDE 4 masih terasa begitu bertele-tele bagi saya. Window manager lain yang pernah saya pelajari adalah Fluxbox dan Jwm. Saya cukup nyaman bekerja dengan kedua window manager tersebut, tetapi karena fiturnya terlalu sederhana sehingga hanya cocok digunakan untuk liveCD saja. Window manager baru yang sangat menarik perhatian saya adalah LXDE.

Selain window manager, saya juga menggunakan desktop efek 3D Compiz Fusion untuk menyegarkan suasana desktop Linux saya. Fitur yang paling saya sukai adalah Desktop Cube, Rotate Cube, Cube Reflection, Wobbly Windows, dan Explosion.

  1. Office Suite

Aplikasi Office Suite favorit saya adalah OpenOffice.org. Untuk memaksimalkan kinerja OOo, saya tidak akan pernah lupa untuk men-enable kan OOo. Quickstarter. Hal tersebut sangat berguna sekali agar OOo dapat di load dengan cepat dan reaktif. Selain itu, saya selalu men-set default format dokumen ke Micorosft Word 97/2000/XP. Alasanya adalah lingkungan saya yang sebagian besar masih bekerja dengan Windows dan Microsoft Office. Untuk memperindah tampilan OOo., saya lebih menyukai tema crystal (tema default KDE).

  1. PDF

Saya menggunakan aplikasi default dekstop Gnome, yaitu Evince untuk melihat dokumen PDF. Untuk membuat, atau mengkonversi dokumen tertulis ke PDF, saya hanya menggunakan fasilitas eksport ke PDF di OpenOffice.org.

  1. E-Book

Saya menggunakan Kchmviewer dan Gnochm untuk melihat e-book berformat chm. Untuk melihat e-book berformat hlp, saya menggunakan aplikasi third party non-free bernama Help Explorer.

  1. Multimedia

Saya selalu menggunakan Mplayer dengan w32codecs untuk memutar berbagai macam format video. Saya menggunakan ffmpeg untuk mengkonversi file video ke mpeg. Untuk memutar musik, saya lebih menyukai XMMS, dibandingkan dengan BMPX, Audacious, Rhythmbox atau Amarok. Selain XMMS, saya juga sering menggunakan MPG321 untuk memutar mp3 melalui terminal. Untuk kebutuhan CD/DVD burning, K3B masih tidak tergantikan. K3B adalah aplikasi CD/DVD burning open source (dan gratis) terbaik di dunia. Untuk memutar file swf flash, saya menggunakan gnash dan swf-player.

  1. Grafis

Saya selalu menggunakan dua aplikasi grafis secara bersamaan untuk mengedit gambar bitmap, yaitu GIMP dan Kolourpaint. Selain itu, saya menggunakan Inkscape untuk menggambar pola. Saya menggunakan Gnome-Screenshot untuk membuat dokumentasi desktop Linux. Saya menggunakan Cheese untuk mengambil foto dengan webcam atau camera built-in di notebook.

  1. Pendidikan

Saya menggunakan Dia untuk menggambar diagram yang kompleks. Saya menggunakan Zekr untuk mengambil translasi Al Quran untuk di paste di OOo. Saya juga menyukai aplikasi Kstars.

  1. Game

Game favorit saya di dunia Linux adalah Supertux, Supertuxkart dan ExtremeTuxracer.

  1. Manajemen Mobile Phone Suite

Saya menggunakan Gnokii untuk melakukan manajemen transfer data dengan handphone Nokia dan juga menggunakan Gnome-Phone-Manager.

  1. Internet

Saya selalu menggunakan Mozilla Firefox untuk browsing. Untuk download, saya lebih menyukai Opera yang lebih stabil. Untuk download secara masif, saya menggunakan wget. Saya menggunakan ndiswrapper untuk menginstalasi driver modem windows, termasuk driver modem hp untuk koneksi dial-up.

Saya juga menggunakan MySQL dan Apache untuk menginstalasi aplikasi-aplikasi berbasis web seperti Joomla! dan AlQur`anWeb.

  1. Manajemen Hardisk

Aplikasi manajemen hardisk favorit saya adalah gParted. Aplikasi tersebut saya gunakan untuk memanajemen partisi hardisk, dan juga saya gunakan untuk melakukan format USB Flash Disk saya. Gparted adalah aplikasi manajemen volume terbaik di dunia open source.

Itulah sekilas mengenai aplikasi-aplikasi favorit saya dalam bekerja dengan dekstop Linux. Semoga saja kita bisa saling berbagi pengalaman dalam eskplorasi desktop Linux! Happy Tux-ing!

Comments

Popular posts from this blog

Q4OS 4.6 "Gemini" Review: A Real Hidden Gem

Distro hopping is a fun adventure. It's a pure joy you can only find in GNU/Linux world. It's a nature you want to escape from what I call 'comfort ecosystem'. You need to play, trying something new even for a few little differences. For a long time I've been using Ubuntu family as my daily driver. The main reason is probably just same as any other Ubuntu user: it's reliable. You can't go wrong with Ubuntu. It works almost in any device, even for the newest one. It is the ultimate Linux distro you can rely on. However, sometimes, you will feel bored. The temptation to flirt with other new distro is unbearable. There are a lot of hot new Linux distros waiting to try.  A Real Hidden Gem I've known this distro for a quite long time. At first, it offered Trinity Desktop as the main desktop, which brings me the sweet memories about KDE3. It is simply fast, stable, almost without any issue, and it is based on Debian. I install it on my old machine and I love t

How To Install Mac OS X Lion Theme On Lubuntu / LXDE

Lubuntu 12.04 with Mac OS X Lion Theme, xcompmgr & cairo-dock [click to enlarge] Mac OS X is the special one in the Desktop market. So many people admire it because of its beauty, safety (yes, it is an UNIX) and its profesional image as “an OS for profesional modern art designer”. Yeah, Mac OS X has beautiful look and I do like its look-n-feel. And so, there are so many theme patcher to make our Microsoft Windows or Linux OS become Mac OS X in the appearance. In Linux Desktop, there are some project specialized in designing theme transformation pack to make our Linux desktop to be looked like Mac OS X. The most popular project probably is Mac4Lin. But, all of those projects was designed only for GNOME or sometimes support XFCE and how about LXDE? Our Star in the current lightweight Linux desktop? (Yes, LXDE is the most light-but-complete Linux desktop for now). Until now, there is no project that officially support LXDE. Basically, LXDE uses gtk (now still stay w

Howto Connect To Windows Share Network (Connect To Server) Easily in PCManFM

In Nautilus 3.4, Nemo, or Caja, there is a very useful menu called "Connect to Server". This menu allow us to connect to a Windows Share network via Samba. If you are using another desktop environment such as LXDE, there aren't such menu, and we need to install third party tool called Gigolo . But apparently, PCManFM (the default file manager of LXDE) already has such function. We could connect to a Windows Share network in PCManFM easily. Here are the simple steps : 1. Open PCManFM and go to adress bar, and type this command : smb://username@server/folder example : smb://staff@192.168.1.69/document then press Enter 2. Once you will be asked to input the Windows Share Network password (if exists), select Remember Forever option. 3. You are connected to Windows Share Network ;)