04 December 2007

Aplikasi Favorit

Aplikasi favorit yang saya gunakan dalam bekerja sehari-hari dengan desktop Linux adalah :

  1. Distribusi Linux

Distribusi Linux favorit saya adalah Ubuntu dan variannya (BlankOn, LinuxMint, gOS dan PC/OS); Fedora dan kemudian Mandriva. Distribusi lain yang saya gunakan adalah OpenSuse, PuppyLinux, Slax, DSL dan Zenwalk. Distribusi mayor yang belum pernah saya coba hingga saat ini adalah Slackware.

  1. Desktop

Window manager favorit saya saat ini adalah Gnome, KDE 3.5 dan kemudian XFCE. Saya menggunakan ketiga window manager itu secara bergantian, untuk mengganti suasana agar tidak bosan. Saya tidak terlalu nyaman bekerja dengan KDE 4, walaupun memiliki tampilan yang sangat menawan. KDE 4 masih terasa begitu bertele-tele bagi saya. Window manager lain yang pernah saya pelajari adalah Fluxbox dan Jwm. Saya cukup nyaman bekerja dengan kedua window manager tersebut, tetapi karena fiturnya terlalu sederhana sehingga hanya cocok digunakan untuk liveCD saja. Window manager baru yang sangat menarik perhatian saya adalah LXDE.

Selain window manager, saya juga menggunakan desktop efek 3D Compiz Fusion untuk menyegarkan suasana desktop Linux saya. Fitur yang paling saya sukai adalah Desktop Cube, Rotate Cube, Cube Reflection, Wobbly Windows, dan Explosion.

  1. Office Suite

Aplikasi Office Suite favorit saya adalah OpenOffice.org. Untuk memaksimalkan kinerja OOo, saya tidak akan pernah lupa untuk men-enable kan OOo. Quickstarter. Hal tersebut sangat berguna sekali agar OOo dapat di load dengan cepat dan reaktif. Selain itu, saya selalu men-set default format dokumen ke Micorosft Word 97/2000/XP. Alasanya adalah lingkungan saya yang sebagian besar masih bekerja dengan Windows dan Microsoft Office. Untuk memperindah tampilan OOo., saya lebih menyukai tema crystal (tema default KDE).

  1. PDF

Saya menggunakan aplikasi default dekstop Gnome, yaitu Evince untuk melihat dokumen PDF. Untuk membuat, atau mengkonversi dokumen tertulis ke PDF, saya hanya menggunakan fasilitas eksport ke PDF di OpenOffice.org.

  1. E-Book

Saya menggunakan Kchmviewer dan Gnochm untuk melihat e-book berformat chm. Untuk melihat e-book berformat hlp, saya menggunakan aplikasi third party non-free bernama Help Explorer.

  1. Multimedia

Saya selalu menggunakan Mplayer dengan w32codecs untuk memutar berbagai macam format video. Saya menggunakan ffmpeg untuk mengkonversi file video ke mpeg. Untuk memutar musik, saya lebih menyukai XMMS, dibandingkan dengan BMPX, Audacious, Rhythmbox atau Amarok. Selain XMMS, saya juga sering menggunakan MPG321 untuk memutar mp3 melalui terminal. Untuk kebutuhan CD/DVD burning, K3B masih tidak tergantikan. K3B adalah aplikasi CD/DVD burning open source (dan gratis) terbaik di dunia. Untuk memutar file swf flash, saya menggunakan gnash dan swf-player.

  1. Grafis

Saya selalu menggunakan dua aplikasi grafis secara bersamaan untuk mengedit gambar bitmap, yaitu GIMP dan Kolourpaint. Selain itu, saya menggunakan Inkscape untuk menggambar pola. Saya menggunakan Gnome-Screenshot untuk membuat dokumentasi desktop Linux. Saya menggunakan Cheese untuk mengambil foto dengan webcam atau camera built-in di notebook.

  1. Pendidikan

Saya menggunakan Dia untuk menggambar diagram yang kompleks. Saya menggunakan Zekr untuk mengambil translasi Al Quran untuk di paste di OOo. Saya juga menyukai aplikasi Kstars.

  1. Game

Game favorit saya di dunia Linux adalah Supertux, Supertuxkart dan ExtremeTuxracer.

  1. Manajemen Mobile Phone Suite

Saya menggunakan Gnokii untuk melakukan manajemen transfer data dengan handphone Nokia dan juga menggunakan Gnome-Phone-Manager.

  1. Internet

Saya selalu menggunakan Mozilla Firefox untuk browsing. Untuk download, saya lebih menyukai Opera yang lebih stabil. Untuk download secara masif, saya menggunakan wget. Saya menggunakan ndiswrapper untuk menginstalasi driver modem windows, termasuk driver modem hp untuk koneksi dial-up.

Saya juga menggunakan MySQL dan Apache untuk menginstalasi aplikasi-aplikasi berbasis web seperti Joomla! dan AlQur`anWeb.

  1. Manajemen Hardisk

Aplikasi manajemen hardisk favorit saya adalah gParted. Aplikasi tersebut saya gunakan untuk memanajemen partisi hardisk, dan juga saya gunakan untuk melakukan format USB Flash Disk saya. Gparted adalah aplikasi manajemen volume terbaik di dunia open source.

Itulah sekilas mengenai aplikasi-aplikasi favorit saya dalam bekerja dengan dekstop Linux. Semoga saja kita bisa saling berbagi pengalaman dalam eskplorasi desktop Linux! Happy Tux-ing!

No comments: