01 July 2007

Di Mana Kita Bisa Mendapatkan Linux?

Sudah tertarik, sudah yakin, sudah penasaran, terus dimana kita bisa dapet Linux? Pertanyaan mendasar, tapi memang gitu. Kalau windows (lagi-lagi saya membandingkannya dengan windows,karena hanya windows-lah, sistem operasi yang dikenal oleh seluruh pengguna komputer di dunia ini), kita kan tinggal beli di dealer Microsoft, atau pesan... Tapi kalau Linux?
Cara paling mudah mendapatkan Linux adalah :
  1. Kalau kita punya koneksi internet super, tinggal download file iso di website masing-masing distro (misal : mandriva.com; ubuntu.com; dan lainnya). Setelah file iso kita dapatkan, tinggal burn image pakai software burning ( seperti Nero ). Jadilah kita mendapatkan CD Linux.
  2. Kalau cara nomer satu mustahil ( karena ga punya sambungan internet ), cara termudah kedua adalah beli majalah komputer yang khusus membahas Linux ( di Indonesia sudah ada majalah bulanan Linux yang sangat bagus dan keren, dan sudah jadi rujukan para pengguna Linux di Indonesia dan juga di luar Indonesia ). Di setiap edisi majalah tersebut, pasti ada bonus DVD yang berisi distro-distro Linux besar dunia ( dan juga distro-distro lokal ). Biasanya, DVD sudah bootable untuk di boot ke Linux Live atau Linux installer. Selain itu, DVD juga berisi file-file iso distro-distro lain, atau versi lain dari distro yang sedang disertakan ( misalnya : ubuntu dengan kubuntu dan xubuntu-nya, mandriva dengan mandriva one-nya). Jadi, cara yang kedua ini ( menurut saya ) adalah cara termudah dan termurah, karena harga majalah tersebut memang sangat terjangkau. Kalaupun nggak punya duit, kita tinggal pinjam atau ngopy dari teman yang beli majalah tersebut.
  3. Cara ketiga, googling dan carilah komunitas atau perseorangan yang menyediakan dan menjual distro-distro Linux. Kita hanya disuruh bayar biaya copy CD dan biaya transfer barang saja, kok!
  4. Cara keempat, biasanya, ada sebagian distro besar yang memberi kesempatan pada kita, buat memesan secara gratis distro milik mereka ( misal : ubuntu, kita bisa memesan gratis di link : shipit.ubuntu.com atau kita masuk aja ke ubuntu.com, disitu ada form untuk pesan gratis ubuntu, kubuntu, edubuntu atau xubuntu ).
  5. Cara kelima, cari rental-rental persewaan CD ( yang komplit ), InsyaAllah tersedia berbagai distro, walau kadang versinya kurang up to date.
  6. Cara keenam, di tempat-tempat penjualan CD bajakan ( saya tidak membahas masalah penjualan CD bajakannya ), di jual juga CD/DVD Linux, dengan harga yang murah tentunya.
  7. Cara terakhir, jika anda mempunyai teman, atau kenalan yang sering atau kadang-kadang ngobrol masalah Linux, jangan sungkan-sungkan, tanya saja, karena biasanya, mereka punya koleksi distro yang lumayan.
Jadi, apa lagi yang kita tunggu, cepat bergegas dan marilah nge-Tux bareng-bareng!!!
Salam Linux.

No comments: