22 May 2011

Apa Saja Yang Baru Dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal (Ubuntu Natty Narwhal Preview)



What's new Ubuntu 11.04 Natty Narwhal? Apa yang baru dari Ubuntu 11.04 Natty Narwhal? Banyak! Berikut ini saya list saja semua pembaruan yang menurut saya betul-betul asyik:


  1. Upgrade dan replace software. LibreOffice menggantikan OpenOffice.org. Mozilla Firefox upgrade ke 4.01. Banshee menggantikan Rhythmbox, ditambah dengan fitur integrasi tombol play, next dan forward di Gnome Volume Control (sungguh, ini fitur asyik).

  2. Desktop memakai Unity yang berbasis Gnome 'Classic' versi terbaru 2.32.1. Yang sangat asyik, jika komputer kita tidak memakai VGA yang support 3D (misal: onboard non-intel), secara otomatis desktop default akan dialihkan ke desktop Gnome 'Classic'.

  3. Fitur mount dan unmount partisi harddisk/usb flashdisk/removable media yang lebih responsif dan dengan fitur yang lebih lengkap (seperti fitur Format pada opsi klik kanan).

  4. Broadband Networking yang lebih sempurna dan sepenuhnya bekerja. Setup yang sangat mudah dengan wizard. Ini peningkatan yang sangat bagus. Mengenai fitur ini, saya membuat sebuah post mengenai setup dial up memakai handphone dengan koneksi bluetooth.

  5. Fitur instalasi yang lebih baik. Cuma, saya menemukan satu bug (mungkin ini kondisional pada komputer saya). Pada bagian custom partitioning, saya tidak bisa membuat custom mount point untuk partisi-partisi hardisk saya, sehingga hanya ada opsi dikatikan ke /dos dan /windows. Padahal, akan lebih fleksibel manakala partisi hardisk kita dikaitkan ke /media.

  6. Tema yang jauh lebih elegan. Sepertinya tema Ambiance dan Radiance akan menjadi tema yang sangat Ubuntu dan sangat berkarakter (jujur, saya sangat suka dengan tema hitam tersebut, terkesan elegan dan jantan).


Begitulah secara keseluruhan review saya mengenai Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Secara keseluruhan, untuk rilis Ubuntu kali ini, saya memberi point 9,75 dari 10. Satu “nilai plus” dari Ubuntu Natty adalah memakai desktop Gnome “Classic” 2.32.1 (kita semua tahu, Gnome 3 banyak menuai kekecewaan di kalangan user Linux karena ke-tidak-customable-annya) :D


Berikut ini spesifikasi komputer yang saya pakai untuk menjalankan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal:


Prosesor : Intel Pentium IV 2,4 GHz

RAM : DDR1 512 MB

VGA : Onboard SiS 661/741/760 FX

No comments: