04 October 2010

Mencoba Mozilla Firefox 4


Mozilla Firefox adalah web browser yang sangat terkenal di seluruh dunia dan di semua platform. Bahkan, bagi pengguna komputer awam yang memakai Microsoft Windows, mereka tidak tahu bahwa web browser Mozilla Firefox adalah web browser milik dunia open source dan menjadi web browser default di ratusan distribusi Linux di seluruh dunia. Bahkan, saking terkenalnya web browser ini, orang-orang mulai melupakan dan bahkan tidak tahu bahwa Microsoft Windows memiliki Internet Explorer.


Detik ini (4 Oktober 2010), web browser Firefox telah mencapai versi rilis stabil 3.6. Namun, Firefox 4 beta telah rilis dan siap untuk di download dan digunakan.


Saya pun mencoba mendownload lalu mencobanya di sistem Ubuntu 8.04 milik saya, dan ternyata luar biasa. Firefox 4 benar-benar jauh lebih cepat dari Firefox versi sebelumnya. Untuk menginstalasi Firefox 4 di sistem Linux, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Paket Firefox 4 Linux yang bisa kita dapatkan di situs Mozilla berbentuk static linked sehingga berbentuk portable Linux application yang bisa di eksekusi dengan double click di sembarang distribusi Linux yang kita gunakan.


Jika kita ingin menginstalasinya dan memakainya sebagai web browser default di sistem linux kita, jalankan saja cara sederhana berikut:

  1. Pindah folder firefox hasil download kita ke direktori /opt melalui terminal (sebagai user root): # mv firefox /opt
  2. Edit shortcut /usr/share/applications/firefox.desktop dengan teks editor (gedit atau yang lain sesuai kebiasaan kita, dengan menggunakan user previllage sebagai root): # gedit /usr/share/applications/firefox.desktop
  3. Ganti baris Exec menjadi Exec=/opt/firefox/firefox
  4. Sekarang kita memiliki Firefox 4 sebagai web browser default untuk berselancar atau membuka file html.

Selamat mencoba!

No comments: