24 October 2009

Enam Langkah Mudah Membuat Linux LiveUSB





Dewasa ini, ada tren baru untuk teknologi komputer, yaitu Netbook. Sebuah perangkat komputer esktra mini yang biasanya di persenjatai dengan Intel Atom, HDD 160/250, 1 GB RAM dan layar 10 Inchi. Fitur-fitur mendasar masa kini tentu ada : wifi (WLAN) dan webcam.


Satu keunggulan dari produk netbook adalah mobility. Ukurannya yang extra-mini membuatnya bersifat sangat portabel. Ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Bisa diselipkan ditas kuliah / sekolah dengan leluasa. Selain itu, dengan adanya WLAN, kita sudah bisa dengan asyik menikmati hotspot menggunakan netbook. Kapasitas RAM yang lumayan juga membuat produk ini, walau berukuran kecil, mempunyai kinerja yang cukup cepat, untuk penggunaan sehari-hari (Internet, Office, Audio-Video).


Dan satu kekurangan utama dari produk ini adalah : Tidak adanya optical drive (DVD). Tentu saja ini cukup merepotkan bilamana kita ingin menginstal sistem operasi. Lalu bagaimana? Buat saja LiveUSB Linux. Caranya amat sangat mudah. Mari kita simak.


Pertama, download iso Linux yang kita inginkan (Ubuntu, MandrivaOne). Bisa juga installer besar Linux seperti Fedora, OpenSUSE, Mandriva atau Slackware, dengan kompensasi kita harus menyediakan USB dengan kapasitas besar (8 GB/di atas 5 GB).

Kedua, download sebuah aplikasi pembuat LiveUSB yang sifatnya sangat praktis dan luar biasa hebat, namanya adalah unetbootin. Ada versi Linux dan Windows dari aplikasi ini. Untuk versi linux sendiri, bentuknya adalah sebuah static linked binari, alias satu file yang bisa di eksekusi langsung dengan di double-click. Luar biasa praktis bukan?

Ketiga, colokkan USB Flashdisk kita ke desktop Linux kita yang sudah ada.

Keempat, hapus/kosongkan USB Flashdisk. Tetaplah mount USB Flashdisk.

Kelima, double-click binari unetbootin-linux-xxx dan akan diminta password administrator Linux kita.

Keenam, setelah masuk jendela unetbootin, pilihlah file iso linux kita, dan klik OK. Pilihan distribution dan version kosongkan saja, itu tidak diperlukan. Tunggulah beberapa saat hingga completed.


Jadilah sekarang kita memiliki sebuah LiveUSB yang bisa kita gunakan untuk menginstal desktop Linux di perangkat Netbook. Sangat praktis sekali. Satu keunggulan LivcUSB dibanding dengan LiveCD adalah lebih ringan untuk di boot dan di jalankan.


Selamat ber-Linux !


Catatan teknis : Agar aplikasi unetbootin berjalan sempurna, dibutuhkan satu paket dependensi, yaitu p7zip-full. Paket ini ada di repositori distribusi mayor, yang salahsatunya adalah Ubuntu. Untuk mengisntalnya sangat mudah : sudo apt-get install p7zip-full.

No comments: