24 September 2009

Keajaiban Dalam Sekeping CD Linux, Solusi OSS Untuk Semua


Dunia komputer telah berkembang menjadi begitu kompleks dan dinamis. Teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, telah berkembang menjadi kesatuan yang amat kompleks dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.


Jika sepuluh tahun yang lalu kita hanya bisa mengolah dokumen, mengolah gambar ,berselancar internet dan bermain game menggunakan seperangkat komputer personal dengan ukuran yang besar, kini kita bisa melakukan itu semua dalam satu perangkat notebook atau netbook, tanpa harus berurusan dengan monitor yang besar dan kabel-kabel yang rumit.


Wi-fi telah menjadi standar komunikasi nirkabel antar perangkat komputer, yang akhirnya berkembang menjadi gaya hidup anak muda masa kini. Menjinjing notebook di café-café, di taman umum atau kampus, dan berselancar-bebas dengan media komunikasi nirkabel wi-fi yang amat praktis dan elegan.


Semua telah berkembang menjadi begitu pesat, baik dari sisi hardware maupun software. Teknologi mikroprosesor telah berevolusi ke teknologi multi-core. Teknologi memori telah berkembang menjadi semakin cepat dan berkapasitas besar, memenuhi kebutuhan system software yang haus memori.


Pun dari sisi software. Puluhan system operasi komputer, telah berkembang menjadi system operasi desktop yang menawan dan tangguh. Dan terlebih dengan perangkat lunak opsional, ada ribuan perangkat lunak berkembang dan menawarkan ribuan kemudahan bagi kita untuk menyelesaikan kebutuhan hidup sehari-hari kita.


Dari ribuan item produk perkembangan komputer saat ini, saya begitu terpana dengan sebuah produk bernama Linux. Sebuah system operasi desktop modern, dengan segala fungsionalitas lengkap untuk kebutuhan sehari-hari.


Satu hal yang paling mengagumkan dari Linux adalah, hanya dari satu keping CD, kita bisa mendapatkan hampir segala hal kebutuhan mutakhir teknologi komputer saat ini.

DRIVER

Satu keping CD Linux seperti Ubuntu, telah menyediakan dengan gratis, ribuan driver untuk hardware terbaru kita. WLAN, printer, hardisk SATA terbaru, webcam, semua bisa bekerja dengan sempurna dalam sekali instalasi melalui sekeping CD. Tak perlu CD/DVD tambahan untuk driver hardware kita, atau tak perlu download driver dari internet. Sangat menakjubkan.

OFFICE

Perangkat lunak untuk mengolah kata dan dokumen, adalah kebutuhan mendasar bagi semua pengguna komputer. Sekali lagi, hanya dari sekeping CD, kita sudah mendapatkan paket perangkat lunak pengolah dokumen professional, yaitu OpenOffice.org.

IMAGE EDITING

Adobe Photoshop telah menjadi legenda dunia image editing professional. Tak bisa kita tepis, segudang fitur canggih ada dalam perangkat lunak tersebut. Ajaibnya, masih dalam satu bundle CD Linux, kita sudah mendapatkan perangkat lunak sejenis, yang sama sekali tidak kalah dalam hal fitur, dan tentu saja dengan 100 % gratis. GNU Image Manipulation Program (GIMP) adalah software image editing open source professional, yang akan memenuhi segala kebutuhan kita dalam mengolah foto, yang bisa kita dapat dari CD Linux.

INTERNET

Dunia internet adalah salah satu keunggulan Linux yang sudah sangat diakui oleh banyak pengguna komputer di dunia. Pada awal berkembang, Linux adalah system yang lebih dirancang untuk manajemen system jaringan internet. Kini, hampir sebagian besar jaringan internet dunia, ditangani dengan Linux.

Untuk kebutuhan sehari-hari, Mozilla Firefox, adalah web browser mutakhir yang telah memikat begitu banyak pengguna komputer di dunia, dan itu bisa kita dapat langsung dalam bundel satu keping CD Linux.

MULTIMEDIA

Melalui sedikit penambahan paket-paket software, kita bisa menikmati segala konten multimedia mutakhir saat ini. Flash video, avi, mp4, 3gp, mp3, rm, dan puluhan konten format distribusi multimedia dapat kita putar dengan sempurna di Linux.

KEAMANAN

Linux adalah system operasi yang dikembangkan dari system operasi UNIX. Dengan segala karakteristik system UNIX, Linux adalah system operasi yang kebal terhadap segala jenis perangkat lunak jahat (virus,worm) yang telah menjadi hantu paling menakutkan bagi pengguna system operasi Microsoft ® Windows ®.

Keunggulan ini tentu bukan keunggulan mutlak, karena perangkat lunak jahat bisa dibuat untuk segala macam system. Tapi dengan desain Linux yang “Unix”, selamanya, system Linux akan selalu menjadi system yang lebih aman dan stabil.

GRATIS

Linux dan banyak software opsional didalamnya, di distribusikan dengan lisensi terbuka. Bagi kita, lisensi terbuka bisa bermakna dua hal : pertama, Linux dan software di dalamnya, adalah system yang bisa kita “utak-atik” atu kita desain ulang dengan bebas, dan kedua, gratis!

Kita bisa men-download satu bundel CD Linux lengkap dengan segala driver dan software opsional, dengan tanpa dipungut satu rupiah pun. Untuk system Linux seperti Ubuntu, kita bahkan bisa memesan beberapa buah CD Linux dengan gratis.

Dari semua nilai lebih yang ada dalam Linux, tidak bisa lagi kita menepiskan fakta, bahwa OSS—dengan Linux sebagai produk sentral—adalah sebuah sebuah solusi paling baik untuk kebutuhan komputasi di Negara berkembang seperti Indonesia. Satu dimensi non-teknis yang juga patut diingat adalah, Linux dan OSS, dikembangkan oleh ribuan pemrogram komputer dan komunitas di seluruh dunia, dengan tanpa pamrih, dan murni di dorong oleh semangat saling berbagi.


“Perangkat lunak, seperti halnya Matematika dan Sains, adalah ilmu pengetahuan, yang harus dibagikan kepada sesama” begitulah salah satu pendapat dari Richard Mattew Stallman, pendiri dan penggiat gerakan Free Software Foundation.


Linux adalah sebuah keajaiban, yang berada dalam sekeping CD !






1 comment:

infoGue said...

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^