08 September 2009

Adobe Reader 9 Linux




Adobe Reader adalah aplikasi PDF reader yang sangat terkenal di Windows. Kelengkapan toolbar dan interface yang mudah dioperasikan menyebabkan aplikasi ini cukup disenangi, walaupun faktor utama keterkenalan Adobe reader adalah karena usianya yang sudah dewasa bila di banding aplikasi sejenis yang lain.


Untuk desktop Linux, Adobe pun membuat versi Adobe Readernya sendiri. Jika pada versi terdahulu, Adobe Reader Linux tersedia dalam binari instalasi distribusi besar (RPM, Debian), maka pada versi Adobe Reader 9, paket installer-nya bersifat universal, yaitu .bin.


Satu yang spesial dari Adobe Reader 9 Linux adalah, ternyata aplikasi ini bersifat ringan saat di jalankan di desktop Linux. Ini sangat mengejutkan untuk saya. Karena cepatnya, bahkan Adobe Reader 9 Linux lebih cepat dalam waktu loading dibanding aplikasi PDF reader default desktop Linux yaitu Evince dan KPDF.


Untuk menginstalasinya, tentu sangat mudah. Pertama tentu saja download dulu paket binari instalasi Adobe Reader dari situsnya. Setelah itu eksekusi binari installer yang berekstensi .bin :


$ sudo ./AdbeRdr9.1.0-1_i486linux_enu.bin


$ su :

# ./AdbeRdr9.1.0-1_i486linux_enu.bin


Sangat menarik ! Selamat ber-Linux ! :D

2 comments:

rusyd said...

wew, ternyata dah ada adobe 9 yah?
baru sadar, soalnya dah lama ga pake adobe reader
patut dicoba nih, apa lebih ringan atau ga?

rosyidi alwan said...

@ rusyd : lebih lancar mas.. beneran.. saya juga surprise.. kok lebih lancar? ini sperti kde4, yang justru lebih cepat dari ka de e 3 :D