18 August 2009

Menjalankan avant-window-navigator dan cairo-dock Tanpa Compiz Fusion


Aplikasi dock avant-window-navigator dan cairo-dock ternyata bisa berjalan pada semua jenis composting manager. Sementara itu, untuk aplikasi compositing manager, kebanyakan dari kita hanya akrab dengan aplikasi Compipz Fusion yang cukup berat dan hanya bisa dijalankan pada VGA tertentu.


Namun ternyata, ubuntu desktop telah menyediakan sebuah fitur compositing manager simpel yang bisa dijalankan oleh semua jenis VGA card apapun, dan bisa untuk menjalankan aplikasi dock avant-window-navigator dan cairo-dock.


Fitur compositing manager tersebut ada pada window manager metacity, cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut :


Jalankan run (tekan tombol Alt dan F2 di keyboard), dan ketikan :


'gconf-editor' (tanpa tanda petik)


Pada jendela gconf-editor (Configuration Utility) sebelah kiri, pilih menu apps>metacity>general, kemudian pada jendela bagian kanan, cari string bernama 'compositing_manager' dan centanglah (aktifkan). Terakhir tutup gconf-editor (Configuration Utility) dan sekarang kita sudah bisa menjalankan avant-window-navigator atau cairo-dock.


Selamat nge-Linux ! ^_^

2 comments:

Ade Malsasa said...

Wah, betul-betul menakjubkan. Saya kira compositing manager hanya milik Compiz. Ternyata Metacity juga punya. Semula saya sempat putus asa mengingat VGA saya tidak mumpuni. Kini desktop saya bisa terlihat persis Mac OS X :) Nanti saya mungkin mengobrak abriknya lagi. Hehehe

Terima kasih mas. Artikel anda sangat berguna. Salam kenal, semoga kita bisa menjadi kawan yang baik.


Salam Blogger.

Ade Malsasa said...

Mas berhasil! Mantap jaya, sekarang desktop saya bernuansa mac OS X banget! Silakan lihat screenshotnya di blog saya :) Terima kasih.