Skip to main content

Mengubah Desktop Linux GNOME Menjadi Mirip Desktop Mac OS X






Mengubah tampilan desktop GNOME menjadi tampilan desktop Mac OS X pada komputer minim / tua. Sebuah topik yang cukup lengkap, mencakup dua isu yang cukup sering di bahas dalam dunia desktop Linux. Pertama, isu yang begitu sering di bahas oleh para user yang menyukai tampilan Mac OS X dan keindahan desktop, bagaimana merubah tampilan desktop GNOME Linux menjadi mirip dengan tampilan desktop sistem operasi Mac OS X. Kedua, isu komputer ber-resource minim / komputer tua yang hingga saat ini masih cukup banyak di gunakan oleh user komputer di Indonesia. Spesifikasi komputer tua yang saya maksud adalah komputer kelas PIII 1 GHz – PIV, dengan RAM 256-512 MB, dengan VGA onboard seadanya.


Mengubah tampilan desktop GNOME Linux menjadi mirip desktop Mac OS X bukan perkara sulit. Ada seorang user Linux yang mengembangkan paket tema Mac OS X lengkap untuk desktop GNOME. Nama paket itu adalah Mac4Lin. Mac4Lin sendiri merupakan kumpulan lengkap tema gtk+metacity dan juga tema icon GNOME. Setelah kita mendownload Mac4Lin, kita ekstraksi, dan instalasi satu per satu tema yang kita butuhkan, mulai dari gtk, dan icon. Jangan gunakan fasilitas skrip instalasi, karena kita tidak membutuhkan semua paket tema yang ada dalam Mac4Lin.


Hanya saja, paket tema dock yang digunakan adalah avant-window-navigator (AWN). Di sinilah letak permasalahannya. Avant-window-navigator hanya dapat berjalan pada modus compositing desktop (Compiz Fusion). Sementara itu, modus 3D (Compositing Desktop) hanya dapat berjalan pada VGA yang support openGL, dan untuk itu minimal adalah VGA Intel 85x. Permasalahan selanjutnya, walaupun VGA kita support openGL, tetapi apabila memory kita terbatas, maka menjalankan 3D Desktop Compiz Fusion akan terasa memberatkan sistem.


Adakah solusi yang lebih mudah? Ada! Gunakan saja panel Gnome sebagai dock. Caranya sangat mudah. Pertama, buang saja panel bagian bawah. Kemudian buat satu panel baru, dengan klik kanan>New Panel pada panel bagian atas. Pada panel kosong yang tercipta, klik kanan>Properties dan buat ukurannya menjadi cukup besar untuk ukuran Dock. Ukuran tersebut sangat tergantung pada ukuran resolusi desktop yang kita gunakan. Sebagai contoh, saya mengatur ukuran gnome panel menjadi 50 pixel. Setelah memperbesar ukuran panel, kita tinggal memasukan shortcut / icon aplikasi ke gnome panel tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu klik kanan>Add to panel>Application Launcher>Next>Pilih Kategori>Pilih Nama Aplikasi. Cara tersebut sama untuk menambah shortcut icon aplikasi yang lain hingga cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kita. Setelah kita menambah beberapa shortcut aplilkasi, langkah selanjutnya adalah membuat panel menjadi transparan. Caranya adalah (pada panel) klik kanan>Properties>Background>Solid Color. Geser jumlah transaparansi Solid Color ke Transparent (Full transparent). Langkah terakhir adalah merapikan susunan launcher aplikasi. Caranya adalah klik kanan pada icon aplikasi dan pilih 'Move'. Geserlah satu persatu hingga letak kanan-kiri nya seimbang (center). Setelah seimbang, kunci posisi icon launcher tersebut agar tidak bergeser dengan cara klik kanan pada icon>Lock To Panel. Langkah finalizing yang tak boleh terlupa adalah menambah applet Window List pada panel bagian atas. Applet Window List berguna untuk menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Caranya adalah klik kanan>Add to panel>Window List.


Satu detil yang tak boleh terlupakan adalah peletakan button close,minimize dimana pada desktop Mac OS X letak button tersebut berada di sebelah kiri. Untuk mengubah button tersebut di sebelah kiri, caranya dengan melalui gconf-editor. Tekan Alt+F2 (run), ketikan " gconf-editor " (tanpa petik).


Susunan gconf-editor mirip dengan registry editor di windows. Dan letak pengaturan tombol close-minimize ada di apps>metacity>general. Pada bagian value, cari string bernama 'button_layout', kemudian edit value-nya dan ganti menjadi urutan:

close,minimize,maximize:menu

setelah keluar dari gconf-editor, kini kita dapati button close-minimize desktop GNOME kita sudah berada di sebelah kiri seperti pada desktop Mac OS X.


Sekarang kita memiliki tampilan desktop Mac OS X di komputer kita, tanpa memberatkan sistem ! ^^

Download Mac4Lin

Selamat ber-Linux !

Comments

NeARie said…
Mac4Lin mang keren, waloupun da gak tak pake themesnya, tapi icon setnya tetep tak pakai. mantab sich :D

Popular posts from this blog

Q4OS 4.6 "Gemini" Review: A Real Hidden Gem

Distro hopping is a fun adventure. It's a pure joy you can only find in GNU/Linux world. It's a nature you want to escape from what I call 'comfort ecosystem'. You need to play, trying something new even for a few little differences. For a long time I've been using Ubuntu family as my daily driver. The main reason is probably just same as any other Ubuntu user: it's reliable. You can't go wrong with Ubuntu. It works almost in any device, even for the newest one. It is the ultimate Linux distro you can rely on. However, sometimes, you will feel bored. The temptation to flirt with other new distro is unbearable. There are a lot of hot new Linux distros waiting to try.  A Real Hidden Gem I've known this distro for a quite long time. At first, it offered Trinity Desktop as the main desktop, which brings me the sweet memories about KDE3. It is simply fast, stable, almost without any issue, and it is based on Debian. I install it on my old machine and I love t

How To Install Mac OS X Lion Theme On Lubuntu / LXDE

Lubuntu 12.04 with Mac OS X Lion Theme, xcompmgr & cairo-dock [click to enlarge] Mac OS X is the special one in the Desktop market. So many people admire it because of its beauty, safety (yes, it is an UNIX) and its profesional image as “an OS for profesional modern art designer”. Yeah, Mac OS X has beautiful look and I do like its look-n-feel. And so, there are so many theme patcher to make our Microsoft Windows or Linux OS become Mac OS X in the appearance. In Linux Desktop, there are some project specialized in designing theme transformation pack to make our Linux desktop to be looked like Mac OS X. The most popular project probably is Mac4Lin. But, all of those projects was designed only for GNOME or sometimes support XFCE and how about LXDE? Our Star in the current lightweight Linux desktop? (Yes, LXDE is the most light-but-complete Linux desktop for now). Until now, there is no project that officially support LXDE. Basically, LXDE uses gtk (now still stay w

Howto Connect To Windows Share Network (Connect To Server) Easily in PCManFM

In Nautilus 3.4, Nemo, or Caja, there is a very useful menu called "Connect to Server". This menu allow us to connect to a Windows Share network via Samba. If you are using another desktop environment such as LXDE, there aren't such menu, and we need to install third party tool called Gigolo . But apparently, PCManFM (the default file manager of LXDE) already has such function. We could connect to a Windows Share network in PCManFM easily. Here are the simple steps : 1. Open PCManFM and go to adress bar, and type this command : smb://username@server/folder example : smb://staff@192.168.1.69/document then press Enter 2. Once you will be asked to input the Windows Share Network password (if exists), select Remember Forever option. 3. You are connected to Windows Share Network ;)