06 August 2009

Mengubah Desktop Linux GNOME Menjadi Mirip Desktop Mac OS X






Mengubah tampilan desktop GNOME menjadi tampilan desktop Mac OS X pada komputer minim / tua. Sebuah topik yang cukup lengkap, mencakup dua isu yang cukup sering di bahas dalam dunia desktop Linux. Pertama, isu yang begitu sering di bahas oleh para user yang menyukai tampilan Mac OS X dan keindahan desktop, bagaimana merubah tampilan desktop GNOME Linux menjadi mirip dengan tampilan desktop sistem operasi Mac OS X. Kedua, isu komputer ber-resource minim / komputer tua yang hingga saat ini masih cukup banyak di gunakan oleh user komputer di Indonesia. Spesifikasi komputer tua yang saya maksud adalah komputer kelas PIII 1 GHz – PIV, dengan RAM 256-512 MB, dengan VGA onboard seadanya.


Mengubah tampilan desktop GNOME Linux menjadi mirip desktop Mac OS X bukan perkara sulit. Ada seorang user Linux yang mengembangkan paket tema Mac OS X lengkap untuk desktop GNOME. Nama paket itu adalah Mac4Lin. Mac4Lin sendiri merupakan kumpulan lengkap tema gtk+metacity dan juga tema icon GNOME. Setelah kita mendownload Mac4Lin, kita ekstraksi, dan instalasi satu per satu tema yang kita butuhkan, mulai dari gtk, dan icon. Jangan gunakan fasilitas skrip instalasi, karena kita tidak membutuhkan semua paket tema yang ada dalam Mac4Lin.


Hanya saja, paket tema dock yang digunakan adalah avant-window-navigator (AWN). Di sinilah letak permasalahannya. Avant-window-navigator hanya dapat berjalan pada modus compositing desktop (Compiz Fusion). Sementara itu, modus 3D (Compositing Desktop) hanya dapat berjalan pada VGA yang support openGL, dan untuk itu minimal adalah VGA Intel 85x. Permasalahan selanjutnya, walaupun VGA kita support openGL, tetapi apabila memory kita terbatas, maka menjalankan 3D Desktop Compiz Fusion akan terasa memberatkan sistem.


Adakah solusi yang lebih mudah? Ada! Gunakan saja panel Gnome sebagai dock. Caranya sangat mudah. Pertama, buang saja panel bagian bawah. Kemudian buat satu panel baru, dengan klik kanan>New Panel pada panel bagian atas. Pada panel kosong yang tercipta, klik kanan>Properties dan buat ukurannya menjadi cukup besar untuk ukuran Dock. Ukuran tersebut sangat tergantung pada ukuran resolusi desktop yang kita gunakan. Sebagai contoh, saya mengatur ukuran gnome panel menjadi 50 pixel. Setelah memperbesar ukuran panel, kita tinggal memasukan shortcut / icon aplikasi ke gnome panel tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu klik kanan>Add to panel>Application Launcher>Next>Pilih Kategori>Pilih Nama Aplikasi. Cara tersebut sama untuk menambah shortcut icon aplikasi yang lain hingga cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kita. Setelah kita menambah beberapa shortcut aplilkasi, langkah selanjutnya adalah membuat panel menjadi transparan. Caranya adalah (pada panel) klik kanan>Properties>Background>Solid Color. Geser jumlah transaparansi Solid Color ke Transparent (Full transparent). Langkah terakhir adalah merapikan susunan launcher aplikasi. Caranya adalah klik kanan pada icon aplikasi dan pilih 'Move'. Geserlah satu persatu hingga letak kanan-kiri nya seimbang (center). Setelah seimbang, kunci posisi icon launcher tersebut agar tidak bergeser dengan cara klik kanan pada icon>Lock To Panel. Langkah finalizing yang tak boleh terlupa adalah menambah applet Window List pada panel bagian atas. Applet Window List berguna untuk menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Caranya adalah klik kanan>Add to panel>Window List.


Satu detil yang tak boleh terlupakan adalah peletakan button close,minimize dimana pada desktop Mac OS X letak button tersebut berada di sebelah kiri. Untuk mengubah button tersebut di sebelah kiri, caranya dengan melalui gconf-editor. Tekan Alt+F2 (run), ketikan " gconf-editor " (tanpa petik).


Susunan gconf-editor mirip dengan registry editor di windows. Dan letak pengaturan tombol close-minimize ada di apps>metacity>general. Pada bagian value, cari string bernama 'button_layout', kemudian edit value-nya dan ganti menjadi urutan:

close,minimize,maximize:menu

setelah keluar dari gconf-editor, kini kita dapati button close-minimize desktop GNOME kita sudah berada di sebelah kiri seperti pada desktop Mac OS X.


Sekarang kita memiliki tampilan desktop Mac OS X di komputer kita, tanpa memberatkan sistem ! ^^

Download Mac4Lin

Selamat ber-Linux !

1 comment:

NeARie said...

Mac4Lin mang keren, waloupun da gak tak pake themesnya, tapi icon setnya tetep tak pakai. mantab sich :D