13 August 2009

Meng Copy File DAT VCD Dalam Linux. Sebuah Tulisan Sederhana


Diantara kita semua, menonton filem dari media VCD masih sering kita dapati. Penyebabnya antara lain, media distribusi filem VCD masih banyak dijumpai di rental persewaan filem.


Seringkali, kebanyakan dari kita, lebih menyukai untuk meng-copy terlebih dahulu file .DAT atau .dat yang ada di keping VCD kita, kemudian menontontonnya dengan media player. Ada yang bilang, menonton filem langsung dari keping VCD/DVD kurang nyaman, karena ada bunyi “kretek-kretek-kretek” dari optical drive DVD/CDROM.


Di platform Windows, meng-copy file .dat dari kepingVCD sangat mudah, tinggal copy-paste dari keping VCD yang ada di direktori /mpegav/avseq01.dat; avseq02.dat dan seterusnya.


Namun apa yang terjadi di Linux? Saat saya mencoba copy-paste file .dat dari keping VCD, yang terjadi adalah error! Ternyata file dat dibaca semagai image yang hanya bisa di baca secara langsung dari pemutar media Mplayer.


Apakah memang tidak bisa? Ya! Di desktop Linux, kita tidak bisa melakukan copy-paste file dat pada keping VCD! Cara satu-satunya adalah dengan melakukan ripping!


Dan salah satu aplikasi ripping VCD yang terpopuler adalah vcdimager. Vcdimager sendiri merupakan kumpulan tool untuk melakukan ripping VCD. Karena merupakan aplikasi popular, vcdimager sudah ada di repo onlie berbagai distribusi mayor, menginstalasinya sangat mudah.


Cara melakukan ripping VCD dengan vcdimager sang mudah, yaitu :

Pertama, masukan keping VCD.

Dan kedua, jalankan perintah ripping melalui terminal :

$ vcdxrip


Proses ripping VCD berdurasi satu jam yang saya lakukan, sangat singkat. Hanya berkisar satu menitan. Hasil ripping akan langsung diletakan di Home, dengan nama avseq01.mpg, avseq02.mpg, dan seterusnya. Ada juga file-file pendukung yang dihasilkan, kita bisa menghapus semuanya, karena tidak di butuhkan. Sangat mudah sekali !


Begitulah ! Selamat ber-Linux !

No comments: