14 June 2009

Lagi : Tentang Pilihan dan Konsep Distro


Lagi! Setelah saya berhasil menginstalasi OpenOffice.org 3.0 di Mandriva 2008, saya berhasil juga melakukan hal yang sama di Mandriva Spring 2007.1. Prosesnya pun sama, kita hanya perlu meng-uninstalasi terlebih dahulu paket OpenOffice.org yang ada di sistem, kemudian kita menginstalasi yang baru, yang kita dapat dari situs OpenOffice.org.


Bukan sesuatu yang besar, tetapi ada satu pesan kecil yang ingin saya selipkan di sini. Kalau kita tidak memiliki koneksi internet di rumah, hemat saya adalah, kita tidak perlu terlalu sering melakukan upgrade atau copot-pasang instalasi desktop Linux. Selain melelahkan, resiko kehilangan data, dan juga ada kemungkinan memperpendek masa ekonomis hardisk.


Alasan yang sebenarnya sangat sederhana, aplikasi-aplikasi opsional yang kita butuhkan (katakanlah OpenOffice.org), sekarang sudah dapat kita upgrade dengan cara yang mudah, tanpa harus melakukan upgrade keseluruhan sistem. Selama tidak ada masalah dengan hardware, tidak ada alasan bagi kita untuk terlalu sering ganti-copot-pasang desktop Linux di komputer kita.


Begitulah! Selamat ber-Penguin !


No comments: