22 May 2009

Menikmati Kenyamanan Tanpa Boros Energi


Kadangkala (kalau saya cukup sering), kita menyalakan komputer hanya sekedar untuk mendengarkan musik, dan seringkali berakhir dengan terlelap dengan komputer tetap menyala. Kenapa tidak pakai DVD player saja? Komputer lebih fleksibel. Memilih lagu ini-itu dan lain sebagainya. Tak perlu mengganti keping CD ini-itu. Pokoknya lebih fleksibel.


Dan dengan kecenderungan bersantai menikmati musik berakhir dengan terlelap yang nyaman, alangkah indahnya kalau kita bisa melakukan proses hitung mundur otomatis untuk mematikan komputer (shuting down). Utility proses hitung mundur shut down ada di Windows dan juga Linux, secara default. Di windows kita bisa melakukannya dengan command line (cmd), dan di Linux pun sama.


Masalahnya adalah, saat saya mencoba menjalankan utility shut down di Linux dengan shell, saya jadi bingung. Parameternya lain dengan di Windows (ya iyalah!!). Iseng di iseng, saya mencari paket yang ada hubungannya dengan shut down di Synaptic, dan ketemu!


Paket itu bernama gShutdown. Sebuah aplikasi front-end grafikal untuk utility shutdown di Linux. Interface-nya sangat-sangat simpel dan teramat sangat mudah untuk di gunakan. Pilihan otomatisasi proses shutdown ada 3, 'Berdasarkan waktu dan tanggal'; 'Hitung mundur setelah jeda waktu'; dan 'Saat ini juga'.


Untuk proses hitung mundur dengan jeda 2 sampai 3 jam dari sekarang, kita tinggal memilih opsi 'After a delay', dan masukan waktu mundur yang kita inginkan, sebagai misal 2 jam 30 menit. Selanjutnya, kita tinggal menekan 'Start', dan proses shutdown otomatis berjalan. Aplikasi ini akan aktif di system tray, jika kita ingin menghentikan proses otomatisasi shutdown, kita tinggal me-restore jendela gShutdown dan menekan tombil 'Stop'.


Sangat simpel, sederhana, tapi sangat berguna sekali untuk kita semua yang penikmat musik (dan komputer).


Selamat ber-Linux !


No comments: