15 May 2009

Mencari Keberuntungan : Instalasi SPSS 15 Dengan Wine






Setelah berhasil menginstalasi SPSS 11.5 dengan menggunakan CrossOver 7.10, saya mencoba menginstalasi SPSS 15 dengan Wine. Sistem yang saya gunakan adalah :


# Ubuntu 7.10 Kernel 2.6.22-generic
# Wine-0.9.59


Secara keseluruhan, proses instalasi lancar dan cepat. Pun ketika 'installation finished', SPSS bisa langsung saya jalankan dari 'Wine>Programs>SPSS'. Loading cukup capat, bisa masuk ke window kerja SPSS, namun hanya beberapa saat, setelah itu macet. Kenapa ya?


Karena penasaran, akhirnya saya coba jalankan manual dari Terminal untuk mengetahui error apa saja yang sebenarnya terjadi. 


$ wine ./wine/drive_c/Program\ Files/SPSS/spsswin.exe


Ternyata ada ratusan DLL library yang tidak ada. Saya bingung. Saya coba jalankan 'winecfg', dan library-library yang di butuhkan pun tidak ada secara built-in di Wine. Akhirnya saya mencoba “cara yang sangat jahat”, yaitu menggunakan library DLL native milik Windows. Saya copy semua library DLL yang ada di direktori C:\Windows\System32 dari komputer Windows milik rekan saya ^_^ Kemudian saya letakan di direktori Wine di /home/.wine/drive_c/windows/system32, dan akhirnya SPSS 15 berjalan dengan sangat lancar!


Karena saya sadar saya melakukan “perbuatan jahat”, akhirnya saya un-install lagi SPSS tersebut, dan secara keseluruhan saya tidak puas. Kalau mau, sebenarnya kita bisa mencari DLL di support Microsoft secara free. Nah, karena begitu banyaknya library yang di butuhkan, hal ini bukan pekerjaan yang mudah. Cara pintas yang paling simpel adalah kita membuat skrip untuk men-download dan menginstalasi library tambahan yang dibutuhkan Wine seperti winetricks. Kita bisa menggunakan skrip winetricks dan tinggal mengganti dan menambah file yang kita butuhkan :D


Walalupun begitu, karena di kost saya tidak ada koneksi internet, tetap saja mustahil menggunakan Winetricks. Bisa saja sih, saya mencari warnet yang menggunakan Linux, kemudian saya membuat direktori 'fake' wine untuk sekedar meletakan file download-an dari skrip winetricks, tapi tetap saja merepotkan T_T


Karena opsi menggunakan kembali windows sudah saya tutup rapat-rapat, akhirnya saya memilih menggunakan SPSS 11.5 saja, yang sudah berjalan tanpa masalah sedikit pun di Linux.


Selamat ber-Linux !



1 comment:

dwilicious said...

winetrik bisa jalan tanpa internet, asal program2 yg perlu di download sudah disimpan di folder wietricks cache. jalankan aja di tempat yg ada internet seperti upk, terus copy folder wietrickscache ke rumah, jalankan wietricks dan voila...