Skip to main content

Dilematis !


Produsen software terbesar dunia, Microsoft, telah resmi merilis sistem operasi baru Microsoft Windows Vista pada tahun 2007 yang silam. Sejatinya, sistem operasi baru memberikan banyak kemudahan dan keunggulan baru dari produk generasi sebelumnya.


Pada perkembangan selanjutnya, banyak user yang justru tidak nyaman dengan OS baru tersebut. Ada banyak keluhan. Ketidak-kompatibel-an hardware, software dan (cukup) berat di jalankan. Akhirnya banyak user yang lebih memilih tetap menggunakan XP dan atau kembali menggunakan XP.


Karena banyak user yang tetap / kembali menginginkan XP, banyak produsen/distributor/reseler hardware/software yang jadi kurang suka memperdagangkan Windows Vista. Skenario terburuk pun terjadi. Opini publik ter-generalisir dan bermuara pada satu pandangan yang hampir seragam, 'Windows Vista adalah produk gagal Microsoft !'


Yang menjadi persoalan adalah, begitu banyak user yang tidak tahu dan tidak peduli, bahwa XP sedang dan sudah tidak di dukung secara teknis oleh Microsoft. Banyak user yang mengidamkan hardware terbaru yang modis dan keren, tetapi tidak sadar dan tidak mau tahu, bahwa sebenarnya windows XP yang mereka idamkan sudah tidak kompatibel dengan hardware-hardware baru tersebut!


Kasus yang paling banyak terjadi adalah, produsen notebook saat ini yang tidak menyertakan CD / DVD driver hardware untuk windows XP dalam bundel / paket penjualannya. Walhasil, user yang ingin menginstalasi XP jadi kebingungan! Akhirnya user harus mendownload satu-satu di internet, searching dan menginstalasi satu-per-satu, yang pun, tak mudah! Error, error dan error!


Sebenarnya, ada alternatif yang lebih mudah dan lebih melegakan! Gunakan Linux! Linux versi baru, sudah mendukung begitu banyak hardware! Cukup dengan satu CD instalasi, semua hardware terbaru dan mutakhir saat ini bekerja dengan baik! Dan yang terpenting dari itu semua, Linux itu gratis!


Tapi karena alasan 'user friendly' sitas yang selalu di dengung-dengungkan banyak pihak, Linux tetap tidak juga lebih populer dari produk gagal Vista. Cukup menyedihkan memang. Salah satu penyebab yang paling mungkin adalah, banyak atau hampir semua distributor/reseler hardware yang belum atau tidak mau memahami dan mempelajari Linux. Mereka malas kalau ada keluhan dari user manakala mereka memilih menawarkan Linux sebagai salah satu OS default produk mereka. Tentu saja karena mereka sendiri belum atau tidak mau paham seluk beluk Linux.


Nyinyir, itu yang terasa bagi para penggerak Linux. Nampaknya, kalau mau mengurut-urutkan pihak yang mesti di-ikut-sertakan untuk bertanggung-jawab atas sulitnya Linux jadi lebih populer adalah PEMERINTAH. Pemerintah belum kompak untuk migrate ke Linux! Departemen ini Linux, departemen itu Windows, format ini harus Word, format itu hanya bisa pakai IE. Semua terasa memuakan bagi para penggerak Linux, yang sudah dan selalu mencurahkan waktu dan pikirannya untuk memperjuangkan FOSS.


Saya jadi berpikir, andai ada satu kandidat wapres yang berani memberikan janji memperjuangkan FOSS, tanpa satu detik-pun berpikir dua kali, saya akan pilih itu capres! Sumpah! Demi Tuhan! Pertanyaannya adalah, adakah salah satu kandidat presiden kita yang peduli?


Comments

Popular posts from this blog

Q4OS 4.6 "Gemini" Review: A Real Hidden Gem

Distro hopping is a fun adventure. It's a pure joy you can only find in GNU/Linux world. It's a nature you want to escape from what I call 'comfort ecosystem'. You need to play, trying something new even for a few little differences. For a long time I've been using Ubuntu family as my daily driver. The main reason is probably just same as any other Ubuntu user: it's reliable. You can't go wrong with Ubuntu. It works almost in any device, even for the newest one. It is the ultimate Linux distro you can rely on. However, sometimes, you will feel bored. The temptation to flirt with other new distro is unbearable. There are a lot of hot new Linux distros waiting to try.  A Real Hidden Gem I've known this distro for a quite long time. At first, it offered Trinity Desktop as the main desktop, which brings me the sweet memories about KDE3. It is simply fast, stable, almost without any issue, and it is based on Debian. I install it on my old machine and I love t

How To Install Mac OS X Lion Theme On Lubuntu / LXDE

Lubuntu 12.04 with Mac OS X Lion Theme, xcompmgr & cairo-dock [click to enlarge] Mac OS X is the special one in the Desktop market. So many people admire it because of its beauty, safety (yes, it is an UNIX) and its profesional image as “an OS for profesional modern art designer”. Yeah, Mac OS X has beautiful look and I do like its look-n-feel. And so, there are so many theme patcher to make our Microsoft Windows or Linux OS become Mac OS X in the appearance. In Linux Desktop, there are some project specialized in designing theme transformation pack to make our Linux desktop to be looked like Mac OS X. The most popular project probably is Mac4Lin. But, all of those projects was designed only for GNOME or sometimes support XFCE and how about LXDE? Our Star in the current lightweight Linux desktop? (Yes, LXDE is the most light-but-complete Linux desktop for now). Until now, there is no project that officially support LXDE. Basically, LXDE uses gtk (now still stay w

Howto Connect To Windows Share Network (Connect To Server) Easily in PCManFM

In Nautilus 3.4, Nemo, or Caja, there is a very useful menu called "Connect to Server". This menu allow us to connect to a Windows Share network via Samba. If you are using another desktop environment such as LXDE, there aren't such menu, and we need to install third party tool called Gigolo . But apparently, PCManFM (the default file manager of LXDE) already has such function. We could connect to a Windows Share network in PCManFM easily. Here are the simple steps : 1. Open PCManFM and go to adress bar, and type this command : smb://username@server/folder example : smb://staff@192.168.1.69/document then press Enter 2. Once you will be asked to input the Windows Share Network password (if exists), select Remember Forever option. 3. You are connected to Windows Share Network ;)