05 July 2008

Mencuri data dengan LiveCD Hardy Heron




Saya punya teman kuliah dengan karakter yang cukup tertutup. Selain tertutup, di sisi lain dia juga suka berceramah ini-itu. Jujur, saya cukup gemas dengan rekan saya ini. Salah satu yang cukup gemas masalah pacar. Dia sering bilang tidak mau pacaran, tapi sering juga saya pergoki sedang mojok di telepon dengan seorang cewe.
Nah, suatu saat saya pernah memergoki dia sedang buka-buka foto di komputernya dengan ada gambar seorang cewe, yang cukup cantik. Saya pun makin penasaran. Akhirnya saya pun pinjem komputernya, dan sayang sekali, komputer Windows XP milik rekan saya itu dibuat dua akun, dan akun milik rekan saya di password. Nah, saya pun tidak bisa liat2 data pribadinya.
Saya langsung teringat dengan LiveCD ubuntu hardy heron. Dulu saya pernah baca kalau LiveCD linux bisa “mencuri” data di Windows XP, termasuk data di akun administrator yang dilindungi password.
Tanpa banyak pikir, saat rekan saya kuliah, saya coba LiveCD Ubuntu Hardy Heron di PC rekan saya tersebut dan eureka! Sunguh LiveCD Ubuntu bisa membuka semua data yang ada di PC dengan Windows XP tersebut, tanpa masalah sedikit pun! Dua partisi Windows XP dengan format NTFS dapat terbaca dengan sangat-sangat lancar saat pertama boot. Kita tinggal klik Menu-Places-nama_partisi maka dengan lancar Ubuntu me-mount partisi Windows NTFS yang ada. Dan ternyata, benar seperti dugaan saya, ada begitu banyak gambar cewe yang cantik milik rekan saya itu. Ada beberapa yang berdua dengan rekan saya tersebut. Wah, saya puas sekali. Dan ajaibnya, ternyata Ubuntu Hardy Heron ini sudah mampu melakukan penulisan ke partisi berformat NTFS dengan sangat lancar! Maka dengan agak nge-les saya beri pesan text di folder koleksi foto rekan saya itu “nggak usah jaim bung!”. Hahaha, saya sungguh puas. Ternyata Ubuntu Hardy Heron kali ini memang sudah sangat hebat, dengan banyak perbaikan dan penambahan tool-tool yang makin meningkatkan kemampuannya.
Di sini saya sedang tidak berbagi trik mencuri data dengan Ubuntu, tetapi justru sebaliknya. Dari kemampuan yang semakin meningkat tersebut, LiveCD Ubuntu bisa kita jadikan rescueCD yang sangat lengkap. Dimana saat PC kita sedang error, dan banyak data penting, kita bisa menggunakan LiveCD Ubuntu sebagai penyelamat yang sangat menarik.
Yah, begitulah pengalaman saya “mencuri” data milik rekan saya dengan Ubuntu Hardy Heron.

No comments: